Minggu, 17 Desember 2017 - 13:00 WIB RSS Pedoman Pemberitaan Kontak

APEL DANSAT EVALUASI KETAHANAN PANGAN

Selasa, 21 April 2015 | 06:47 WIB

Korem 061/Sk

     Danrem 061/Sk Kolonel Inf Fulad, S.Sos, M.Si membuka Apel Dansat dalam rangka evaluasi Ketahanan Pangan dilaksanakan di Gedung Selabintana Jalan Selabintana Km 7. Jum’at (17/04).


     Apel Dansat yang diikuti oleh 245 personel terdiri dari Danramil 83 personel dan Babinsa 162 personel se wilayah Korem 061/Suryakancana. Dengan tema “Melalui Apel Dansat Tingkat Korem 061/Suryakancana Kita Tingkatkan Wawasan dan Kemampuan Aparat Teritorial Dalam Mewujudkan Swasembada Pangan Nasional”.


     Dalam Apel Dansat Danrem 061/Sk Kolonel Inf Fulad, S.Sos, M.Si membuka sekaligus memaparkan tentang Asia hadapi Tantangan yang Krusial, yaitu tantangan bidang ekonomi. ASEAN Economi Community (AEC) merupakan salah satu peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam menghadapi abad ekonomi Asia ini. Melalui AEC akan terjadi integrasi sektor ekonomi.

    Terkait masalah sektor ekonomi dalam hal ini masalah pangan, lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa peningkatan produktifitas pertanian terutama komoditas pangan merupakan strategi penting bagi pemerintah indonesia dalam melaksanakan perubahan paradigma kebijakan pembangunan nasional di bidang pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, mengingat kebutuhan pangan nasional maupun daerah masih dirasa kurang.

    Dalam evaluasi ketahanan pangan, Danrem mengatakan untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, sasaran lahan padi produktif 156.853 Ha, dengan produksi 7,5 Ton/Ha, sementara sasaran lahan jagung 7,67 Ha menghasilkan produksi 72.222 Ton/Ha dan kedelai hanya 5.195 Ha dengan produktifitas 1.666 Ton/Ha. Dari hasil produktifitas ini tentunya belum mencukupi dan memadai.

     Sementara untuk kebutuhan pupuk khususnya jenis urea di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi sebesar 50.346 Ton, sementara yang baru diditribusikan sebesar 7.646 Ton, ini menunjukkan bahwa pendistribusian pupuk jenis urea masih jauh dari kebutuhan sesungguhnya.

    Kondisi inilah yang menjadi inspirasi bagi Korem 061/Sk untuk melakukan program ketahanan pangan mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat, berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian namun akibat dampak perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam menyebabkan terganggunya produktifitas pangan Nasional.

    Adapun berbagai upaya yang dilakukan, yaitu dengan menambah area tanam dengan cara melaksanakan gerakan cepat tanam, mengoptimalkan dampak dari perbaikan irigasi dan oplah serta megoptimalkan guna alat sinta produksi, yang diikuti dengan meningkatkan produktivitas (target provitas 6,62).

      Oleh karena itu pencanangan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Korem 061/Suryakanca dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional perlu didukung oleh kita semua.


       Diharapkan melalui peningkatan pangan, secara signifikan dapat terwujud, sehingga khususnya wilayah Korem 061/Suryakancana dalam hal ini rakyat wilayah Bogor mampu memenuhi kebutuhan pangan daerah dalam negeri, bahkan mampu mengekspor berbagai hasil tanaman pangan keluar negeri. (Penrem 061/Sk).

    Baca Juga:



    Berita Lainnya :

    KOREM 061/SURYAKANCANA SUKSESKAN KEDAULATAN PANGAN MELALUI GERAKAN TANAM PAJALE

          Melalui program Upsus tiga komoditas utama padi jagung kedelai (pajale), pemerintah..

    KOREM 061/SK DI BANTU YONIF 315/GRD ATASI TRANSPORTASI

         Korem 061/Sk melaksanakan pengamanan pada aksi mogok antara Armada angkutan kota dengan ojek..

    DANREM 061/SK HADIRI SYUKURAN KE-70 HARI PERS NASIONAL

                Danrem 061/Sk hadiri Syukuran ke-70 Hari Pers..

    SILATURAHMI DANREM 061/SK DENGAN KELUARGA BESAR TNI DI WILAYAH KOREM 061/SK

             Korem 061/Suryakancana menggelar acara silaturahmi dengan keluarga..

    DANREM 061/SK PADA FESTIVAL DURIAN RANCAMAYA

                  Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf..

    KENAIKAN PANGKAT MERUPAKAN AMANAH BAGI PRAJURIT DAN PNS KOREM 061/SK

         Sebanyak 34 prajurit Korem 061/Suryakancana yang terdiri dari 11 orang  Perwira, 12..

    KOLONEL INF FULAD DUKUNG LOMBA SEREH WANGI

         Kolonel Inf Fulad, S.Sos., M.Si.,selaku Komandan Korem 061/Suryakancana, mendukung..

    KEBERSAMAAN KOREM 061/SK DI GUNUNG MAS PUNCAK BOGOR

         Komandan Korem 061/Sk Kolonel Inf Fulad S.Sos., M.Si., mengadakan wisata keluarga di Gunung..

    KOREM 061/SK GELAR ISTIGOSAH (DO’A BERSAMA)

            Dalam rangka menjaga kondusifitas negara agar senantiasa dalam keadaan..

    DANREM 061 SURYAKANCANA, SILATURAHMI KE DANDIM 0608/CIANJUR

           Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Mirza Agus disambut hangat oleh Dandim..


    Indeks

    Video

    Copyright © 2017 - Korem 061 / Suryakancana